Kuota Internet Fair Usage Policy (FUP) IndiHome 2017

Kuota Internet Fair Usage Policy (FUP) IndiHome 2017

Kuota Internet Fair Usage Policy (FUP) IndiHome 2017

Sejak dikeluarkannya layanan terbaru dari PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yaitu IndiHome. Saat itu juga, mereka memberlakukan batas kuota internet atau yang disebut dengan Fair Usage Policy (FUP).

Semua pelanggan akan diberikan batas kuota FUP dan dapat mengecek usage info berdasarkan paket yang dipilih. Kebijakan FUP IndiHome ini dimaksudkan untuk mengelola penggunaan bandwidth secara maksimal dan memberikan kualitas jaringan terbaik dengan memanfaatkan kabel fiber optik.

Layanan Triple Play ini juga memberikan tiga keuntungan sekaligus kepada pelanggannya, mulai dari telepon rumah, televisi interaktif (USee TV Cable/IP TV), dan internet (Fiber atau High Speed Internet).

Kuota FUP IndiHome yang diberlakukan sejak awal bulan februari 2016 lalu memungkinkan pengguna bisa menikmati koneksi internet cepat penuh saat batas kuota internet belum mencapai batas yang ditentukan. Tapi sebaliknya, jika sudah melebihi batas kuota FUP yang dipilih, baik itu 10 Mbps, 20 Mbps, 30 Mbps, 50 Mbps dan 100 Mbps maka kecepatan akan otomatis berkurang.

Pengurangan kecepatan internet ini juga bertujuan untuk membatasi aktifitas ilegal yang dilakukan oleh pelanggan telkom. Anda yang menggunakan kuota internet sewajarnya, bisa dipastikan tetap akan merasa nyaman karena kuota internet FUP yang diberikan cukup  besar.

Simak selengkapnya informasi tentang batas kuota FUP Indihome terbaru di bawah ini.

Perbandingan Batas Kuota FUP IndiHome 2017


Paket Batas FUP Fair Speed Kecepatan
10 Mbps 300 GB 75% 7,5 Mbps
400 GB 40% 4 Mbps
20 Mbps 500 GB 75% 15 Mbps
800 GB 40% 8 Mbps
30 Mbps 700 GB 75% 22,5 Mbps
1200 GB 40% 12 Mbps
40 Mbps 900 GB 75% 30 Mbps
1600 GB 40% 16 Mbps
50 Mbps 1200 GB 75% 37,5 Mbps
2000 GB 40% 20 Mbps
100 Mbps 2000 GB 50% 50 Mbps

Penjelasan Batas FUP IndiHome


Paket FUP IndiHome terdiri dari enam paket dan berlaku untuk semua pelanggan IndiHome tanpa terkecuali, mulai dari 10 Mbps hingga 100 Mbps dan akan diakumulasi setiap bulannya. Pemberlakuan kebijakan batas kuota FUP ini untuk memberikan kualitas koneksi internet yang terbaik meskipun jaringan sedang sibuk.

Misalnya, kita berlangganan paket IndiHome 10 Mbps maka kecepatan yang didapatkan adalah 10 Mbps setiap awal bulannya. Saat kuota internet melebihi batas dari fair usage sebesar 300 GB maka kecepatan akan turun menjadi 7.5 Mbps.

Cek Sisa Kuota Fair Usage Info IndiHome

Jika kuota internet Anda sudah lebih dari 400 GB maka kecepatan akan turun lagi menjadi 4 Mbps seperti yang terlihat pada tabel diatas. Ini simulasi FUP IndiHome untuk mereka yang berlangganan paket 10 Mbps.

Baca selengkapnya penjelasan FUP IndiHome berikut ini.

1. FUP IndiHome 10 Mbps


Fair usage yang pertama adalah FUP IndiHome 10 Mbps. Paket ini adalah yang paling terendah dari beberapa paket fair usage yang ada.

Besarnya kuota FUP bagi pelanggan yang menggunakan paket 10 Mbps sebesar 300 GB. Saat batas kuota melebihi batas maka kecepatan akan turun 25% sehingga kecepatan internet menjadi 7.5 Mbps. Kecepatan akan turun untuk kedua kalinya ketikan kuota melebihi 400 GB menjadi 40% atau 4 Mbps.

2. FUP IndiHome 20 Mbps


Fair usage kedua yang diberlakukan yaitu FUP IndiHome paket 20 Mbps. Batas kuota fair usage 20 Mps adalah 500 GB dan juga akan mengalami penurunan kecepatan sebanyak dua kali seperti paket FUP 10 Mbps diatas.

Kecepatan akan turun otomatis menjadi 15 Mbps ketika kuota sudah melebihi 500 GB atau turun 75% dari kecepatan awal. Selanjutnya, kecepatan akan turun lagi sebesar 40% dari kecepatan awal ketikan kuota melebihi 800 GB.

3. FUP IndiHome 30 Mbps


Untuk paket IndiHome dengan fair usage 30 Mbps akan diberikan kuota yang lebih besar, hingga 700 GB. Kuota paket ini lebih besar 200 GB dibandingkan dengan FUP IndiHome 20 Mbps tapi tidak berbeda dalam hal penurunan kecepatan.

Kecepatan akan turun 25% dari kecepatan awal menjadi 22.5 Mbps saat kuota internet melebihi 700 GB dan mengalami lagi penurunan menjadi 40% setelah kuota melebihi 1200 GB.

4. Fair Usage 40 Mbps


Sama halnya dengan simulasi perhitungan FUP IndiHome paket yang lain. FUP IndiHome 40 Mbps juga akan mengalami penurunan sebesar 25% dari kecepatan awal menjadi 30 Mbps ketika kuota telah melebihi 900 GB dan selanjutnya, kecepatan akan turun lagi menjadi 40% yaitu 16 Mbps saat kuota internet sudah melebihi 1600 GB.

5. FUP IndiHome 50 Mbps


Dengan berlangganan paket FUP IndiHome 50 Mbps, Anda juga akan dikenakan dua kali penurunan kecepatan secara bertahap. Pertama, saat kuota melebihi 1.200 GB maka kecepatan turun menjadi 37.5 Mbps dan setelah kuota melebihi 2.000 GB, kecepatan kembali turun yang kedua kalinya menjadi 20 Mbps.

6. FUP IndiHome 100 Mbps


FUP IndiHome yang tercepat dan paling besar kuota internetnya adalah paket 100 Mbps. Sekalipun ini adalah paket tercepat yang ditawarkan IndiHome, tidak ada pengecualian mengenai pemberlakuan fair usage. Hanya saja, FUP IndiHome 10 Mbps ini hanya satu kali saja kecepatannya turun menjadi 50 Mbps saat kuota melebihi 2.000 GB.

Cek Sisa Kuota Fair Usage IndiHome


Ada beberapa cara mengecek fair usage atau sisa kuota IndiHome yang kita pilih. Anda dapat mengeceknya via website, SMS, dan aplikasi.

Cek usage IndiHome ini sangat mudah dilakukan tapi Anda harus membuat akun IndiHome terlebih dahulu. Ini bermanfaat untuk mengetahui berapa sisa kuota dari paket yang kita daftarkan.

Setelah mengetahuinya, Anda tidak lagi akan bertanya kenapa kecepatan internet IndiHome turun atau berkurang setiap bulannya.

Register Akun IndiHome


Sebelum mengecek sisa kuota fair usage IndiHome, Anda harus membuat akun IndiHome jika belum pernah melakukan register sebelumnya. Pastikan nomor handphone yang Anda akan gunakan mendaftar belum pernah digunakan oleh orang lain mendaftar akun IndiHome.

Ikuti langkah di bawah ini.

  1. Kunjungi link register akun IndiHome https://indihome.co.id/subscribe.
  2. Setelah halam registrasi muncul, masukkan data Anda seperti nama, email, password, nomor handphone, jenis kelamin pada kolom isian yang tersedia.
  3. Periksa ulang data yang sudah diinput. Jika sudah tidak ada kesalahan, tekan tombol DAFTAR.

Setelah berhasil mendaftar pada halaman diatas, aktivasi akun IndiHome yang Anda sudah daftar tadi dengan mengklik tautan yang ada pada kotak masuk email Anda.

1. Cara Mengecek Kuota IndiHome via Website


Cara cek kuota IndiHome yang pertama adalah dengan menggunakan situs resmi IndiHome. Anda hanya perlu membuat akun IndiHome terlebih dahulu mengunjungi situsnya https://indihome.co.id/usage-info kemudian login dengan akun yang Anda miliki.

  1. Kunjungi situs usage info IndiHome https://indihome.co.id/usage-info.
  2. Masukkan email dan password akun IndiHome pada kotak yang tersedia.
  3. Tekan tombol Log In.
  4. Setelah berhasil login, klik menu Informasi – Info Bonus & Penggunaan.
  5. Pilih nomor telepon yang ada pada pilihan Nomor Induk Layanan dan tekan tombol SUBMIT.

Akan muncul informasi mengenai bonus telepon gratis, pemakaian telepon, dan kuota internet IndiHome yang telah terpakai. Untuk mengetahui sisa kuota fair usage, Anda cukup mengurangkan FUP IndiHome paket yang Anda daftarkan pada tabel diatas dengan nilai yang tertulis pada laman usage info tadi.
Misalnya, Anda berlangganan IndiHome paket 10 Mbps, berarti sisa kuota FUP 75% yang Anda punya 300 GB dikurangi 282 GB. Jadi, Anda masih mempunyai kecepatan 10 Mbps dan mempunyai sisa kuota sebesar 18 GB.

2. Cara Mengecek Kuota IndiHome dengan SMS


Cara mengecek sisa kuota IndiHome yang kedua adalah dengan SMS. Anda tidak perlu membuat akun IndiHome ataupun login ke situs IndiHome tapi menggunakan HP dengan mengirim SMS.

Cara ini lebih cepat, mudah dan praktis tapi sayangnya, layanan SMS ini tidak gratis. Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 350 setiap kali mengirimkan SMS.

Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketik SMS dengan format ISP <spasi> IH <spasi> kode-area+nomor-telepon-rumah.
  2. Kirimkan ke 98108.
  3. Sekarang, tunggu balasan SMS dengan informasi sisa kuota FUP IndiHome.

3. Cara Mengecek Kuota IndiHome dengan Aplikasi My IndiHome


Cara mengecek sisa kuota FUP IndiHome yang ketiga adalah menggunakan aplikasi My IndiHome. Aplikasi ini tidak hanya dapat dipergunakan sebagai pengecek FUP IndiHome tapi juga mempunyai beberapa fitur lainnya.

Aplikasi My IndiHome tersedia di OS Android dan iOS. Anda yang memiliki HP dapat mengunduhnya di Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone dan iPad). Untuk menggunakannya cek kuota FUP IndiHome, Anda diharuskan login terlebih dahulu dengan akun IndiHome yang Anda miliki.

Penutup


FUP IndiHome memang menyebabkan pro dan kontra di kalangan pengguna ISP plat merah ini. Anda dapat menggunakan software proxy untuk mencegah dan mengatasi koneksi internet IndiHome yang “lemot” karena terkena FUP IndiHome.

Perhitungan fair usage dari 6 paket diatas akan berlaku setiap bulannya dan Telkom akan otomatis melakukan reset ulang akumulasi pemakaian bandwidth internet pada awal bulan.

Bagi Anda yang mempunyai kebutuhan internet di rumah atau kantor bahkan usaha warnet game online dengan skala kecil, masih bisa menggunakan atau berlangganan IndiHome 10 Mbps. Paket IndiHome kecepatan ini masih memberikan kecepatan internet yang memuaskan saat kecepatannya berkurang 25% hingga 40% dari kecepatan awal.

Tapi, bagai Anda yang suka menonton video streaming dan download film atau anime, dianjurkan berlangganan IndiHome paket yang kuota FUP-nya lebih besar.

Batas kuota FUP IndiHome ini tidak berlaku untuk layanan UseeTV dan streaming video di YouTube.

BAGIKAN:

Artikel Menarik Lainnya:

Disqus
Blogger
Komentar dengan akun

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
Advertisement